Hiking ke Lereng Kelir

Dusun Gertas adalah desa wisata yang berada dalam wilayah administrasi Desa Brongkol kecamatan Jambu kabupaten semarang . Awal mula berdirinya desa wisata Gertas, berawal dari ide-ide kreatif atau gagasan masyarakat yang muncul ketika melihat banyaknya potensi-potensi di wilayah Dusun Gertas yang perlu di gali dan di lestarikan sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Maka dengan tekat dan semangat kegotong royongan antar warga masyarakat dusun Gertas terciptalah suatu konsep yaitu dengan membangun sebuah desa wisata dengan tujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya atau tradisi dan potensi sumberdaya alam serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Awal mulai berdiri desa wisata ini bulan januari 2017 yang lebih dikenal dengan nama desa “Wisata Lereng Kelir“

ENGHASIL KOPI ROBUSTA TERBAIK TINGKAT NASIONAL

Desa wisata gertas lereng kelir sendiri berada di kawasan lereng gunug kelir pada ketinggin kurang lebih 700 sampai 1300 mdpl. Sehingga pada kondisi geografis ini warga masyarakat Dusun Gertas sebagian besar memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam kopi, karena wilayah ini sangat cocok untuk budidaya tanaman kopi kususnya kopi jenis robusata.

Dusun gertas termasuk Desa penghasil kopi jenis robusta dengan kualitas baik, terbukti pada tahun 2018 kopi yang berasal dari dusun gertas termasuk dalam urutan sepuluh besar kopi terbaik indonesia “ The Best Indonesian Coffee” tingkat nasional yang di selengarakan oleh pusat penelitian kopi dan kakao Indonesia (PPKKI) dan Asosiasi Eksportir Dan Industri Kopi Indonesia (AEKI). Selain tanaman kopi Dusun Gertas juga terkenal dengan buah durianya yang mepunyai cita rasa hkas “Durian Brongkol” yang sudah terkenal akan kualitas buahnya.